RESENSI NOVEL SPRING IN LONDON

Rounded Rectangle: Name  : Lutfi Apreliana Megasari
Class : XII IPS 1
Numb. : 37
SPRING IN LONDON

            Spring In London merupakan salah satu karya novelis Ilana Tan dalam tetraloginya. Novel ini dirilis setelah penerbitan Summer in Seoul, Autumn in Paris, dan Winter in Tokyo. Novel – novel Ilana ini menceritakan kisah di empat negara yang berbeda dengan musim yang berbeda pula. Spring in London memiliki keterkaitan dengan novel – novel sebelumnya dalam tetralogi tersebut.
            Novel ini menceritakan seorang Jo In Ho atau dengan nama panggungnya, Danny Jo, seorang artis terkenal asal Korea Selatan. Awalnya, Danny diminta rekannya, Jung Tae Wo, untuk menjadi model dalam video klip terbarunya. Di video klip tersebut, Danny dipasangkan dengan Naomi Ishida, seorang artis dari Jepang. Naomi memiliki masa lalu yang kelam sehingga ia berusaha menjauhi pria – pria yang hendak mendekatinya. Danny pun merasa aneh dengan sikap Naomi kepadanya, padahal tak ada niat untuk mencelakai gadis itu. Namun Danny berusaha mendekati Naomi secara perlahan, dan hubungan mereka pun menjadi lebih baik.
            Suatu hari Naomi bertemu dengan Kim Dong Min, seseorang dari masa lalunya, di sebuah pesta. Akibat pertemuan itu, rahasia Naomi pun terkuak, ternyata kakak Danny Jo pernah melakukan pelecehan seksual padanya. Naomi pun menjadi malu dengan kondisinya dan menjauhi Danny. Ia pun memutuskan pulang ke negaranya untuk menenangkan pikiran.
            Setelah dua tahun berlalu, Danny mencoba mencari tahu keberadaan Naomi yang tanpa kabar setelah ia menghilang dari kehidupan London. Danny mengunjungi negara asal Naomi dan berusaha mencari tahu alamat di mana gadis pujaannya itu tinggal. Ia benar – benar mengharapkan jawaban atas cintanya selama ini. Setelah ia mengetahui alamat Naomi tinggal, ia melihat seorang gadis yang tengah berdua dengan seorang laki – laki, ia mengira gadis itu adalah Naomi. Ternyata gadis yang dilihatnya tersebut adalah saudara kembar Naomi.
            Tawaran Anna Jo, kakak perempuan Danny, pada Naomi untuk menjadi model iklan produk pakaian terbarunya disanggupi Naomi untuk dapat bertemu kembali dengan pria asal Korea Selatan tersebut. Setelah dua tahun berpisah mereka dapat bertemu kembali.
            Cerita dalam novel ini menarik dengan gaya bahasa yang disajikan ringan dan alur yang mudah dimengerti. Penggambaran setiap tokoh yang apik dan detail menjadi keunggulan dalam novel ini sehingga pembaca mudah dalam memahami setiap karakter tokoh.
            Kelemahan dalam novel ini adalah banyaknya salah pengetikan atau penempatan kata yang kurang ideal. Selain itu meskipun setting novel terdapat di Kota London, namun London kurang tereksplor dengan baik. Penulis hanya menambahkan beberapa tempat terkenal di London seperti Bukingham Palace, London Bridge, dan London Eye. Banyaknya tokoh yang memiliki nama Korea membuat novel ini tidak seperti berada di London. Spring in London juga memiliki alur cerita yang mudah ditebak oleh pembacanya.

            Kesimpulannya, Spring in London merupakan novel yang akan membuat Anda tersenyum saat membacanya. Kisah cinta yang romantis namun dibumbui dengan konflik yang cukup rumit adalah daya tarik dari novel Spring in London. Untuk Anda pencinta novel romansa dengan kisah yang ringan maka novel Spring in London wajib untuk Anda baca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pros and Cons about Full Day School

Perang Dingin Antara Uni Soviet dan Amerika Serikat