Beasiswa Dalam Negeri

BEASISWA DALAM NEGERI

            Peluang beasiswa di dalam negeri memang tidak seramai di luar negeri. Pilihannya pun sangat terbatas, cara meraih beasiswa adalah menyiapkan diri sekompetitif mungkin dan melihat kemungkinan kemampuannya.
            Pada tahun 2014 lalu, pendonor beasiswa masih didominasi oleh donatur lama yang masih eksis. Berikut ini disajikan beberapa jenis beasiswa dalam negeri.


1.      Beasiswa Unggulan
BU ditujukan untuk para dosen dan tenaga pengajar di lingkungan PT oleh Kemendikbud. Beasiswa Unggulan mencakup bea studi S2 dan S3.
2.      Beasiswa Dikti
Diperuntukkan kepada dosen tetap. Pada tahun lalu, beasiswa dikti diprogramkan untuk belajar di kampus luar negeri.
3.      Beasiswa Bidik Misi
Bidik Misi ditargetkan kepada siswa yang kurang mampu untuk meneruskan pendidikan ke PTN. Seleksi masuk PTN melalui SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Beasiswa bidikmisi dibuka pada awal Maret untuk jalur SNMPTN, dan awal Mei untuk jalur mandiri.


4.      Beasiswa Sampoerna
Beasiswa Sampoerna ditujukan untuk mahasiswa Papua. BS mengkhususkan pada mahasiswa yang memiliki prestasi dan jiwa kepemimpinan. Beasiswa ini dibuka pada awal Juni.
5.      Beasiswa Djarum
Disasarkan pada mahasiswa yang menempuh pendidikan S1. PT Djarum menggandeng sejumlah perguruan tinggi untuk memberikan beasiswanya.
6.      Beasiswa BCA
Sasarannya pada mahasiswa S1 minimal telah menempuh pendidikan selama 2 semester. Beasiswa BCA memberikan alokasi 50 kursi pada 2012 dan ditawarkan setiap tahun.
7.      Beasiswa CIMB
Menjaring mahasiswa yang berprofesi pada wirausaha muda di masa kuliah. Beasiswa CIMB ditawarkan untuk program S1 dan D3. Selain itu ditawarkan pula beasiswa S2 dan S3 ke luar negeri.
8.      Beasiswa On Going
Disediakan oleh Dikti untuk dosen tetap PTN maupun PTS yang sedang menempuh pendidikannya di luar negeri.


9.      Beasiswa Kemenag
Kementerian Agama juga memiliki penawaran beasiswa sendiri yang ditujukan bagi para dosen dan tenaga kependidikan PTAIN/PTAIS. Beasiswa ini hanya bisa diambil untuk studi di luar negeri mulai jenjang S2 hingga S3. Jika tidak berubah, pengumuman beasiswa Kemenag akan disampaikan Mei.
10.  Beasiswa Bidik Misi Kemenag
Selain Bidik Misi Kemdikbud, ada beasiswa Bidik Misi Kemenag. Keduanya memiliki kesamaan karena sama-sama ditujukan bagi siswa kurang mampu. Bidik Misi Kemenag akan menanggung biaya kuliah di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN). Beasiswa baru bisa diajukan bila mahasiswa lulus di SPMB PTAIN. Silakan periksa tawaran ini pada bulan Mei.
11.  Beasiswa BlackBerry
Program beasiswa ini bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). BlackBerry menyediakan sekitar 18 beasiswa master dan doktor untuk kuliah berbasis riset di ITB. Beasiswa BlackBerry juga ditawarkan sekitar Mei.


12.  Beasiswa Kaltim
Beasiswa Kaltim hanya ditujukan bagi mahasiswa asal Kalimantan Timur (Kaltim), baik yang kuliah di Kaltim maupun di luar Kaltim. Beasiswa ini menyediakan alokasi mulai dari jenjang D3, S1, S2, hingga S3. Pendaftaran dimulaisekitarAprilhinggaJuni.
13.  Beasiswa Kukar
Diperuntukkan kepada mahasiswa asal Kutai Kartanegara. Beasiswa ini lebih luas jenjangnya. Mulai dari D1, D2, D3, D4, S1, S2, dan S3. Pendaftaran dibuka mulai Oktober hingga November.
14.  Beasiswa P3SWOT
Disediakan oleh Kemendikbud untuk penggiat profesi seperti penulis, peneliti, pencipta, seniman,, wartawan, olahragawan, dan tokoh.
15.  Beasiswa Fast Track
Salah satu program fast tranck yang disediakan Kemendikbud. Dibuka pada Desember hingga awal Januari.
16.  Beasiswa Guru dan Kepsek
Direktorat P2TK Kemendikbud mengalokasikan anggaran untuk besiswa ini. Beasiswa penuh S2. Dibuka pada Mei-Juni.
17.  Beasiswa CIO
Disediakan oleh Kemenkominfo yang bekerja sama dengan UGM. Ditawarkan kepada PNS/CPNS di lingkungan kementerian maupun nonkementerian. Beasiswa untuk program S2, dibuka pada awal Februari.


18.  Beasiswa Universitas
Beasiswa ini diperuntukkan kepada mahasiswa baru atau pun yang sedang menjalani studi. Penawaran beasiswa dapat dilihat di situs masing – masing universitas.

19.  Beasiswa Lokal
Biasanya dikeluarkan oleh pemerintah daerah ataupun lembaga donor kepada mahasiswa yang membutuhkan. Contoh beasiswa ini adalah beasiswa Kukar.
20.  Beasiswa Yayasan



Anda bisa mendapatkannya dengan menghubungi pihak yayasan yang biasa memberi donor. Umumnya yayasan perusahaan besar yang bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi. Jadi, Anda cukup cari tahu dan tanyakan yayasan mana yang biasa memberikan beasiswa kepada kampus Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pros and Cons about Full Day School

RESENSI NOVEL SPRING IN LONDON

Perang Dingin Antara Uni Soviet dan Amerika Serikat